Salah satu alasan warga Kota Kembang membawa stroller bayinya ke laundry stroller Bandung adalah karena kotorannya sulit dibersihkan. Kotoran yang lengket atau menempel kuat pada stroller, terutama pada bagian dudukan yang terbuat dari kain, membutuhkan cairan khusus untuk membersihkannya.

Setelah menyerahkannya ke tempat laundry, Anda cukup menunggu stroller bersih dan diambil atau diantar ke rumah. Namun, tidak ada salahnya Anda tahu proses pencucian stroller di tempat laundry. Siapa tahu Anda menghadapi kondisi darurat harus mencuci stroller sendiri karena sedang berada di kota yang tidak memiliki layanan laundry stroller.

Tahap Pencucian Stroller di Laundry Stroller Bandung

Berikut ini akan diuraikan tahapan pencucian stroller yang secara umum biasa dilakukan di laundry stroller. Dengan mengetahui tahapan ini, Anda bisa mempraktekkannya saat terpaksa harus mencuci stroller sendiri di rumah.

  1. Melepaskan Bagian-Bagian Stroller

Sebuah stroller terdiri dari beberapa bagian yang dapat dibongkar-pasang. Bagian yang bisa dilepaskan adalah bagian rangka, dudukan, kanopi, dan lainnya. Pada jenis stroller twin atau tandem, bagian stroller yang harus dibuka lebih banyak lagi. Sebelum memulai proses pencucian, pekerja laundry akan melepaskan semua bagian tersebut.

  • Mengecek Kondisi dan Membersihkan Rangka

Tahapan berikutnya yang dilakukan oleh para pekerja laundry stroller Bandung adalah membersihkan rangka stroller. Selain dibersihkan, kondisi rangka juga diperiksa dengan cermat apakah ada bagian rangka yang terkena noda, berkarat, atau rusak.

Untuk mencuci bagian rangka, digunakan air dan sabun biasa. Bagian-bagian yang sulit dijangkau akan dibersihkan menggunakan peralatan khusus. Setelah itu, rangka stroller dibilas sampai tidak ada lagi sisa-sisa sabun yang menempel. Karena terbuat dari logam, rangka stroller juga segera dikeringkan agar tidak berkarat. 

  • Mencuci Dudukan Stroller

Dudukan stroller dibuat dari berbagai macam bahan sehingga cara mencuci dan sabun/carian pembersih yang digunakan pun berlainan. Kesalahan dalam dua hal ini bisa menyebabkan dudukan rusak atau sobek, warnanya pudar/luntur, dan sebagainya.

Jika mencuci stroller sendiri di rumah, Anda harus mengikuti instruksi yang ada dalam buku manual yang disertakan ketika Anda membelinya. Namun, para pekerja di laundry stroller Bandung pada umumnya sudah menguasai cara, alat, dan bahan untuk mencuci dudukan stroller yang benar sesuai bahan yang digunakan.

Beberapa jenis stroller menggunakan dudukan yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, sedangkan jenis lainnya mengharuskan pencucian secara manual. Jika harus dicuci manual, dudukan digosok dengan pelan dan hati-hati, terutama untuk dudukan yang terbuat dari bahan yang lembut.

  • Membersihkan Bagian Roda

Bagian terakhir yang dibersihkan adalah roda stroller. Roda memiliki fungsi yang sangat penting untuk memudahkan mobilisasi stroller sehingga kebersihan bagian ini juga mendapat perhatian khusus.

Kotoran yang sering menempel pada roda adalah rambut, benang halus, juga bekas tanah atau pasir jika stroller baru saja digunakan untuk bepergian. Agar lebih mudah dibersihkan, biasanya pekerja laundry stroller Bandung akan melepaskan roda dari kaki stroller.

Langkah selanjutnya adalah menyingkirkan rambut atau benang yang terlilit. Setelah itu, barulah roda dicuci menggunakan air dan sabun dengan cara disikat sampai bersih, kemudian dibilas dengan air bersih.

  • Mengeringkan Stroller

Tahap terakhir dari proses pencucian stroller adalah mengeringkannya. Setiap bagian stroller dikeringkan dengan cara berbeda. Bagian rangka yang terbuat dari logam dilap dengan kain khusus yang memiliki daya serap air tinggi. Untuk dudukan stroller, karena bahannya tebal, proses pengeringan dilakukan menggunakan alat khusus yang bisa mengeringkan dengan cepat.

Setelah seluruh bagiannya bersih dan higienis, stroller akan dirangkai kembali. Pihak laundry selanjutnya akan menghubungi Anda atau mengirimkan stroller yang sudah bersih dan wangi ke rumah.

Cara Menyimpan Stroller yang Benar

Jika setelah dicuci bersih di laundry stroller belum akan digunakan, simpanlah dengan cara yang benar agar tetap awet. Caranya adalah dengan memberi cover atau penutup sehingga debu dan kotoran tidak menempel.

Untuk jenis yang dapat dilipat, stroller sebaiknya disimpan dalam kondisi dilipat. Selain menghemat ruang penyimpanan, cara ini juga akan membuat stroller lebih mudah dimasukkan ke dalam cover plastik sehingga terjaga kebersihannya.

Setelah menerima stroller yang sudah dicuci, jangan lupa untuk memeriksa hasil pekerjaan pihak laundry. Jika terdapat hal yang kurang memuaskan, Anda bisa mengajukan keluhan. Tempat laundry stroller Bandung yang profesional pasti akan memberikan solusi terbaik bagi para pelanggannya.

Pin It on Pinterest

Share This