Mempunyai koleksi boneka mungkin sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Boneka atau popi merupakan jenis mainan yang bentuknya berupa karakter  kartun maupun hewan tertentu. Popi dibuat dari kain yang dijahit dan diisi dengan berbagai bahan seperti dakron, kapas, dan bahan isian lainnya. Karena banyak orang yang gemar mengoleksi boneka, usaha laundry boneka Bandung juga banyak ditemukan.

Tahukah Anda, bahwa mencuci boneka sangat penting untuk dilakukan? Boneka merupakan benda yang sangat mudah untuk menyerap debu dan kotoran. Oleh sebab itulah, pencucian boneka harus dilakukan secara rutin. Popi dapat dicuci dengan dua cara yaitu menggunakan mesin cuci atau menggunakan tangan secara manual. Informasi tentang cara mencuci yang benar terdapat pada label cara perawatan.

Cara Mencuci Boneka dengan Sikat

Pada kesempatan ini, kita akan membahas lebih lengkap tentang cara mencuci boneka menggunakan tangan atau manual. Mencuci boneka secara langsung pun dibagi lagi menjadi dua cara. Cara yang pertama ini, adalah dengan bantuan sikat. Sikat yang digunakan tentu yang memiliki bahan lembut dan tidak terlalu kasar. Jasa laundry boneka Bandung juga menggunakan cara ini sesuai dengan kebutuhan.

  1. Larutkan Detergen

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu melarutkan detergen dengan air. Detergen yang digunakan adalah jenis detergen cair yang bahan kimianya tidak terlalu keras. Hindari pula menggunakan detergen yang dilengkapi dengan pelembut karena dapat memudarkan warna boneka.

Anda bisa menggunakan sabun cuci yang biasa dijual di pasaran. Jika Anda tidak memilikinya, gunakannya sabun pencuci piring. Cairan pencuci piring dapat membersihkan noda dengan lebih baik.

  • Sikat perlahan

Siapkanlah sikat gigi bekas ataupun sikat cuci yang lembut untuk mencuci boneka. Celupkan sikat tersebut ke dalam larutan sabun yang sudah disiapkan. Gosokkan perlahan pada seluruh permukaan boneka terutama bagian yang kotor. Sikat dengan cara searah agar bulu-bulu boneka tidak berantakan.

Teruslah lakukan penyikatan hingga kotoran benar-benar terangkat dari boneka. Jika sudah selesai, lanjutkan ke tahap selanjutnya. Mencuci boneka seperti ini dilakukan oleh laundry boneka Bandung untuk menangani popi yang tidak dapat dicuci dengan mesin.

  • Bilas dengan sikat yang sama

Bersihkan sikap dari sabun dan kotoran yang menempel dengan cara membilas nya. Gunakan sikat ini untuk membersihkan sisa sabun yang masih menempel pada boneka. Jangan biarkan air merasa terlalu banyak pada boneka. Cukup gosokkan perlahan hingga sabun hilang dari permukaan boneka.

  • Keringkan

Setelah boneka benar-benar bersih, taruhlah di tempat yang terang dan mendapatkan angin. Biarkan angin mengeringkan sisa air yang masih menempel pada boneka.

Cara Mencuci Boneka Tanpa Sikat

Selain mencuci dengan sikat, laundry boneka Bandung juga biasa melakukan pencucian boneka dengan tangan kosong. Berikut ini caranya yang bisa Anda praktikkan di rumah.

  1. Larutkan Detergen

Pertama larutan detergen seperti cara menjadi boneka dengan sikat. Hanya saja, Anda perlu menambahkan jumlah air dan detergen. Jumlah air yang digunakan sebaiknya diperkirakan mampu membasahi seluruh bagian boneka.

  • Lepaskan Aksesoris

Kemudian melepaskan seluruh aksesoris yang menempel pada boneka. Misalnya baju, sepatu, pita, dan aksesoris lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan proses pencucian dapat membersihkan seluruh boneka.

  • Cuci Boneka

Masukkan boneka ke dalam larutan detergen yang telah disiapkan. Goyang-goyangkan boneka hingga kira-kira kotorannya larut dan tercampur dengan air detergen. Cara ini dapat Anda lakukan untuk boneka yang tidak terlalu kotor. Cara ini juga dilakukan oleh laundry boneka Bandung untuk membersihkan popi yang berdebu namun tidak memiliki kotoran yang membandel.

  • Bilas Boneka

Setelah dirasa kotoran sudah larut dan boneka Menjadi bersih, bilas boneka dengan mencelupkannya ke dalam air bersih. Goyang-goyangkan boneka di dalam air hingga sisa detergen larut.

  • Keringkan

Mengeringkan boneka menjadi rangkaian terakhir dalam proses ini. Gunakan handuk untuk menyerap air yang ada pada boneka. Setelah air yang ada di dalam boneka diserap oleh handuk, lanjutkan Proses pengeringan dengan menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari dan juga angin. Namun hindari meletakkan popi di tempat yang terlalu terik untuk menghindari pemudaran warna.

Itulah serangkaian cara mencuci boneka dengan tangan yang biasa dilakukan oleh laundry boneka Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Pin It on Pinterest

Share This