Mesin cuci tak hanya bisa digunakan untuk mencuci pakaian saja. Mesin ini ternyata juga dapat Anda gunakan untuk mencuci boneka kesayangan. Tentu tidak semua jenis boneka dapat dicuci dengan mesin. Perhatikan lagi label perawatan sebelum memutuskan untuk mencuci boneka atau popi. Pastikan popi Anda aman jika dicuci dengan mesin. Laundry boneka Bandung menggunakan juga menggunakan mesin.

Mengapa boneka harus dicuci? Sebab debu dan kotoran bisa saja menempel tanpa Anda sadari. Boneka mungkin terlihat Tidak kotor, tapi debu menempel di sela-sela bulu. Jika dibiarkan, Anda akan mengalami risiko gangguan pernapasan akibat menghirup debu. Hal ini sangat membahayakan apalagi untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda wajib memperhatikan mainan anak Anda agar tetap bersih.

Cara Mencuci Boneka dengan Mesin

Inilah 8 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencuci boneka seperti laundry boneka Bandung.

  • Lepaskan Aksesoris Boneka

Sebelum Anda mulai mencuci boneka, lepaskan seluruh aksesoris yang menempel. Tujuannya adalah untuk dapat membersihkan boneka dengan lebih baik. Sebab bagian boneka yang tertutup aksesoris atau hiasan akan sulit dijangkau oleh partikel detergen. Pembersihannya menjadi tidak maksimal.

  • Jahit Jika Berlubang

Lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum mulai mencuci boneka. Pastikan semua jahitannya dalam keadaan rapat dan tidak koyak. Jika ada bagian yang berlubang, segera jahit ulang secara manual. Hal ini bertujuan untuk mencegah isi boneka keluar dan berceceran selama proses pencucian. Jika boneka yang sobek tetap dicuci, kerusakannya akan semakin parah.

  • Pakai Kantong Cuci

Gunakanlah kantong khusus untuk mencuci boneka. Terlebih untuk jenis boneka berbulu. Tujuannya adalah untuk melindungi bulu-bulu boneka agar tidak mudah rusak. Penggunaan kantong cuci juga mengurangi risiko boneka terpisah dari aksesoris kecil yang sudah dilepaskan di tahap pertama.

Jika Anda tidak memiliki kantong untuk mencuci dengan mesin, gunakanlah sarung bantal yang ukurannya cukup untuk menampung boneka di dalamnya. Laundry boneka Bandung sudah menggunakan kantong cuci ini dalam rangkaian proses pencucian.

  • Pakai Detergen Cair Berkualitas

Untuk mencuci boneka, gunakan detergen jenis cair. Usahakan untuk menggunakan detergen yang kualitasnya bagus. Namun jangan memilih sabun cuci yang mengandung bahan kimia yang terlalu keras. Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi popi kesayangan Anda. Warnanya akan mudah pudar dan tidak tampak cantik seperti sedia kala.

Laundry boneka Bandung terkadang mengganti detergen dengan cairan sabun pencuci piring. Sabun ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang menempel pada popi dengan lebih baik. Gunakan mode hand wash agar mesin cuci tidak terlalu kasar dalam memproses.

  • Jangan Cuci Bersama Kain yang Luntur

Ketika mencuci boneka sebaiknya jangan bersamaan dengan pakaian lain. Apalagi pakaian yang luntur. Jika boneka terkena warna dari pakaian yang luntur, sangat sulit untuk menghilangkannya. Popi kesayangan Anda atau anak Anda menjadi tidak cantik lagi.

  • Gunakan Handuk

Setelah boneka selesai dicuci, angkat dari dalam mesin kemudian keringkan. Pertama, tekan perlahan hingga air keluar dan menetes. Balut dengan handuk kering untuk menyerap air yang masih tersisa. Hindari memeras boneka karena dapat merusaknya. Sebaiknya biarkan handuk menyerap air hingga boneka menjadi setengah kering.

Pengeringan dengan cara ini juga dilakukan oleh laundry boneka Bandung. Hal tersebut dilakukan terutama untuk boneka yang tidak dapat dikeringkan menggunakan mesin.

  • Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Untuk melanjutkan pengeringan, letakkan boneka di bawah sinar matahari. Tapi jangan jemur di bawah sinar matahari secara langsung. Warna boneka bisa mudah pudar jika Anda melakukan hal ini. Sebaiknya angin-anginkan saja di tempat yang tetap terkena sedikit sinar matahari.

  • Sikat Bulu Boneka

Laundry boneka Bandung memiliki sisir atau sikat khusus untuk merapikan bulu boneka. Penyisiran harus dilakukan untuk menghindari bulu yang mungkin saja menggumpal dan tidak rapi. Anda bisa menggunakan sisir yang memiliki gerigi tidak terlalu rapat. Gunakan sisir jenis brush untuk mencegah rontoknya bulu. Sisir secara perlahan hingga bulu benar-benar rapi dan tidak ada yang kusut.

Pin It on Pinterest

Share This