Boneka jarang sekali terlihat kotor, namun penampilan ini bisa saja menipu. Boneka tidak pernah terlihat benar-benar kotor, padahal debu yang menempel pada bulu-bulunya sudah cukup banyak. Jika dibiarkan, hal ini dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Terutama terkait dengan alat pernapasan. Apalagi untuk anak kecil yang masih lemah imun tubuhnya. Oleh sebab itu, kebersihan popi harus dijaga.

Anda sebaiknya melakukan perawatan rutin pada popi koleksi Anda sendiri maupun anak Anda. Namun proses perawatan tidak dapat dilakukan sembarangan, terutama untuk pencucian. Hal ini disebabkan oleh material atau bahan boneka yang berbeda-beda. Ada bahan yang sangat rentan sehingga mudah rusak. Jika Anda ragu, lebih baik serahkan perawatan boneka pada laundry boneka Bandung.

Merawat Boneka dengan Cara yang Benar

Merawat boneka memiliki tujuan agar boneka tidak mudah rusak, selalu bersih, dan memiliki umur yang panjang. Berikut ini adalah beberapa langkah perawatan boneka atau popi yang disarankan oleh laundry boneka Bandung.

  1. Penting untuk Melihat Label Perawatan

Setiap boneka biasanya dilengkapi dengan label yang memuat berbagai macam informasi. Tempat pembuatan, nama perusahaan pembuat, dan cara perawatan biasa tercantum pada label popi. Biasakan untuk meneliti bagian ini untuk mengetahui perawatan yang tepat untuk boneka Anda.

Label cara perawatan umumnya memberikan informasi mengenai hal-hal berikut ini:

  • Aman atau tidaknya boneka jika dicuci menggunakan mesin
  • Suhu air yang ideal untuk mencuci
  • Boleh atau tidaknya menggunakan bahan pemutih
  • Aman atau tidaknya jika dibersihkan menggunakan dry cleaning

Setiap boneka mungkin saja memiliki cara perawatan yang berbeda. Anda harus benar-benar teliti agar tidak salah dalam melakukan perawatan. Kesalahan fatal saat merawat atau mencuci boneka dapat menyebabkan kerusakan.

  • Mengecek Jahitan Secara Berkala

Sesungguhnya boneka merupakan kain yang dijahit kemudian diberi isian. Seiring dengan bertambahnya usia, jahitan di tepian popi mungkin saja lepas. Hal ini disebabkan oleh lapuknya benang. Anda disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala pada jahitan tersebut untuk memastikan semuanya dalam keadaan rapat.

Laundry boneka Bandung juga selalu melakukan pengecekan untuk memastikan boneka tidak rusak. Apabila ada bagian yang jahitannya terlepas, sebaiknya segera jahit ulang. Jahit ulang sebaiknya dilakukan untuk memastikan isian di dalam boneka tidak tercecer. Jika hal ini dibiarkan, volume boneka akan menurun dan bentuknya tidak seperti semula.

  • Pisahkan dari Pakaian Lain Saat Mencuci

Mencuci boneka bisa Anda lakukan dengan bantuan laundry boneka Bandung. Jika Anda ingin melakukannya sendiri di rumah tentu saja bisa. Anda bisa mencucinya manual dengan tangan maupun menggunakan bantuan mesin cuci. Ingat, tidak semua boneka dapat dicuci menggunakan mesin. Perhatikan lagi label perawatan yang menempel pada boneka.

Terdapat satu catatan penting yang harus Anda pahami ketika mencuci boneka yaitu jangan mencampurkan dengan pakaian lain. Boneka memiliki bulu-bulu yang sangat halus. Bulu ini mudah sekali menempel pada pakaian lain ketika dicuci bersamaan. Popi kesayangan Anda akan kehilangan kecantikan karenanya.

  • Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Proses pengeringan sangat perlu dilakukan setelah Anda mencuci boneka. Sebaiknya hindari penjemuran di bawah terik matahari. Cara seperti ini dapat merusak boneka dan membuat bulunya tidak mengembang seperti semula.

Cara terbaik untuk mengeringkan boneka setelah dicuci adalah menggantungnya di tempat teduh. Pastikan tempat tersebut terdapat banyak angin. Boneka akan kering maksimal karena angin dan bulunya dapat mengembang seperti semula. Laundry boneka Bandung juga melakukan pengeringan dengan cara ini di samping penggunaan mesin cuci.

  • Merapikan Bulu Boneka

Setelah dicuci, bulu pada boneka biasanya menggumpal dan lengket satu sama lain. Anda perlu merapikannya agar tampak cantik seperti sedia kala. Caranya adalah menggunakan sisir. Namun jangan menggunakan sisir rambut seperti biasa yang berjenis brush. Untuk menyisir bulu-bulu boneka, gunakan sisir bersela. Penggunaan sisir jenis ini bertujuan untuk mencegah kerontokan.

Itulah serangkaian cara merawat boneka atau popi ala laundry boneka Bandung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Cukup mudah bukan? Jadi, jangan malas merawat boneka kesayangan untuk memastikannya tetap bersih dan cantik.

Pin It on Pinterest

Share This