Salah satu perlengkapan yang hampir selalu ada dalam kamar bayi adalah box tempat dimana si kecil tidur sepanjang hari. Box yang dipakai meletakkan dan menidurkan anak setiap hari harus selalu dijaga kebersihannya. Agar tidak repot dan hasilnya benar-benar bersih serahkan saja pada laundry perlengkapan bayi Bandung. Karena box memang harus benar-benar bersih agar bayi tetap sehat.

Box bayi rawan terkena kotoran dan noda seperti debu, bekas urine dan pup si kecil serta banyak lagi. Mencuci box bayi selain akan menjaganya tetap bersih tidak menjadi sarang kuman juga agar bisa awet digunakan dalam waktu yang lama. Tetap memang mencuci box bayi membutuhkan ketelatenan tersendiri sehingga banyak yang merasa malas untuk melakukannya.

Membawa box ke tempat laundry perlengkapan bayi Bandung adalah langkah mudah dalam menjaga kebersihannya. Hanya saja kalau terpaksa harus mencucinya sendiri harus tahu bagaimana triknya agar box bersih dan tidak rusak.

Inilah cara yang benar dan mudah untuk membersihkan box bayi.

Tips Untuk Membersihkan Box Bayi

Siapkan Semua Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai untuk membersihkan box bayi siapkan dulu bahan dan perlengkapan yang diperlukan. Bahan dan perlengkapan yang dimaksud antara lain adalah deterjen atau sabun cuci khusus bayi, lap, sikat lembut dan sebagainya. Jangan sampai proses pencucian box bayi menjadi lama dan kurang sempurna hanya karena kurang perlengkapannya.

Bersihkan Debu Dengan Vacuum Cleaner

Debu yang bentuknya kecil dan lembut merupakan kotoran yang paling banyak menempel pada box tetapi tidak terlihat. Untuk itu saran dari laundry perlengkapan bayi Bandung bersihkan debu menggunakan vacuum cleaner. Adanya debu yang menempel pada box bayi bisa mengganggu pernapasan si kecil dan menyebabkan batuk serta rasa gatal di kulit.

Penyedotan debu dengan vacuum cleaner sangat penting terutama pada box bayi yang terbuat dari kayu. Material kayu memiliki sifat yang membuat debu mudah sekali untuk menempel. Hindari membersihkan debu dengan air lebih baik gunakan lap atau kemoceng kalau tidak ada vacuum cleaner.

Bersihkan dan Cuci Kasur Bayi

Bagian yang akan menempel langsung pada tubuh bayi adalah kasur pada box sehingga penting menjaganya agar tetap bersih. Begitu kasur terkena kotoran atau noda sebisa mungkin langsung dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Kasur yang kotor bisa menimbulkan ruam kemerahan yang akan membuat kulit bayi gatal dan iritasi.

Jasa laundry perlengkapan bayi Bandung menyarankan untuk mengelap kotoran dan noda pada kasur segera dengan menggunakan kain basah. Gosok secara perlahan agar tidak merusak kasur bayi tersebut. Jadwalkan untuk mencuci kasur bayi rutin setidaknya 3 bulan sekali agar tidak bau dan benar-benar bersih. Gunakan tangan atau cara manual untuk mencuci kasur bayi tersebut.

Cuci Kain Pada Box Bayi

Langkah selanjutnya menurut jasa laundry perlengkapan bayi Bandung adalah cuci semua kain yang menempel pada box. Kain pada box menjadi tempat debu dan kotoran menempel sehingga rawan menjadi sumber berkembangbiaknya kuman dan bakteri. Bagian kain pada box juga sering kita pegang yang memungkinkan keringat dari tangan menempel di permukaannya.

Begitu juga si kecil yang sudah belajar berdiri akan sering memegang bagian kain di box bayi tersebut. Jika kain tidak dicuci dalam jangka waktu yang lama bisa menjadi sumber datangnya penyakit pada si kecil. Cuci bagian kain pada box paling tidak seminggu sekali dengan menggunakan sabun atau deterjen khusus bayi. Lalu keringkan dengan menjemurnya agar tidak lembap dan tumbuh jamur.

Bersihkan Tiang atau Kerangka Box Bayi

Selain kain yang dipasang pada box jangan lupa untuk membersihkan juga kerangka dan tiang box bayi. Tiang dan kerangka atau kotak box bayi akan sering terkena debu yang bisa menyebabkan rasa gatal dan mengganggu pernapasan si kecil. Jasa laundry perlengkapan bayi Bandung mengatakan untuk membersihkan tiang dan kotak bisa menggunakan lap atau mencucinya dengan sabun.

Kalau Anda mencuci box dengan sabun sebaiknya segera jemur di luar ruangan agar terjadi proses pengeringan yang sempurna. Pengeringan yang kurang sempurna akan memicu tumbuhnya jamur dan menimbulkan bau tidak sedap.

Pin It on Pinterest

Share This