Memiliki bayi apalagi untuk pertama kalinya merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi orang tua. Banyak hal-hal baru yang akan dialami dan dirasakan serta tidak jarang menimbulkan kebingungan. Untuk masalah sepele seperti mencuci baju bayi saja seringkali membuat orang tua baru kuatir. Jangan takut karena kini telah hadir laundry perlengkapan bayi Bandung untuk membantu Anda.

Mencuci perlengkapan bayi ternyata bukan hanya sebatas pada pakaian ataupun peralatan makan dan minumnya saja. Apakah selama ini Anda juga telah mencuci peralatan lain yang sering digunakan bayi seperti baby stroller? Kalau belum mungkin sejak saat ini Anda harus memulainya. Tidak tahu bagaimana caranya mencucinya serahkan saja pada jasa laundry perlengkapan bayi.

Salah satu yang bisa Anda percayai adalah laundry perlengkapan bayi Bandung yang akan menjamin kebersihan stroller. Tapi apa sebenarnya alasan stroller bayi wajib selalu dibersihkan dan dicuci? Inilah alasannya.

Mencuci dan Merawat Stroller Bayi Dengan Tepat

Alasan Stroller Harus Dicuci

Stroller atau kereta dorong bayi merupakan peralatan yang sering bahkan selalu kita gunakan saat mengajak anak jalan-jalan atau sekedar untuk mendudukan mereka. Karena intensitasnya yang sering digunakan tersebut maka otomatis stroller akan mudah terkena kotoran dan noda. Selain itu juga banyak kuman dan bakteri yang bisa menempel pada kereta dorong tersebut.

Menurut ahli dari tempat laundry perlengkapan bayi Bandung, stroller bahkan harus dicuci terlebih dahulu saat baru membeli dan sebelum digunakan. Alasannya adalah untuk mematikan kuman dan bakteri serta debu yang menempel selama disimpan di toko. Tanpa dicuci terlebih dahulu maka kulit bayi yang sensitif bisa terkena alergi dan gatal-gatal.

Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Stroller

Kapankah waktu yang tepat untuk mencuci kereta dorong atau stroller bayi Anda? Agar bayi terhindar dari iritasi kulit, gatal-gatal dan sebagainya yang bisa mengganggu kesehatan sebaiknya cuci stroller secara rutin. Waktu yang disarankan adalah 2 sampai 3 bulan sekali atau bisa lebih sering ketika stroller terkena noda atau kotoran. Jangan lupa cuci stroller saat akan digunakan untuk pertama kalinya.

Tanda Stroller Harus Dicuci

Segera bersihkan atau bawa stroller ke tempat laundry perlengkapan bayi Bandung jika sudah menunjukkan beberapa berikut ini :

  • Lengket. Bisa karena bekas ASI, susu formula, makanan ataupun minuman bayi yang menempel di stroller. Segera lakukan pencucian agar tidak mengundang serangga seperti lalat datang dan menempel pada stroller.
  • Berbau tidak sedap. Bau tersebut bisa disebabkan oleh bekas makanan dan minuman bayi yang tumpah mengenai kereta dorong tersebut. Cek bau tersebut terutama jika anak sudah memasuki fase MPASI.
  • Jamuran. Bisa terjadi pada beberapa bagian stroller yang bisa disebabkan oleh sisa makanan dan minuman ataupun karena kurang bersih. Agar tidak timbul jamur memang sebaiknya cuci di laundry perlengkapan bayi Bandung.
  • Lembap. Kondisi stroller yang lembap selain akan mengundang datangnya bau tidak sedap juga bisa menimbulkan jamuran. Stroller bisa menjadi lembap memang karena cuaca atau disebabkan oleh proses pengeringan yang kurang sempurna.

Mencuci Stroller Dengan Benar

Tujuan dari pembersihan dan pencucian stroller bayi secara berkala adalah untuk menjaga kesehatan anak itu sendiri. iritasi dan gatal-gatal pada kulit tentu akan membuat bayi menjadi rewel dan semua bisa disebabkan karena stroller kotor. Kalau ingin mencuci stroller sendiri tanpa bantuan laundry perlengkapan bayi Bandung ada hal yang harus diperhatikan yaitu :

  • Cuci terpisah dengan barang lainnya agar tidak terjadi pencemaran atau kontaminasi oleh bahan yang bisa menimbulkan alergi pada bayi.
  • Kalau terpaksa dicuci bercampur pastikan stroller hanya dicuci bersama perlengkapan atau peralatan bayi lainnya. Jangan dicampurkan dengan barang milik orang dewasa.
  • Lepaskan kain pada stroller saat  dicuci agar bisa benar-benar bersih.
  • Pastikan mencuci kain pada stroller hanya dengan menggunakan deterjen khusus untuk bayi dan tidak mengandung SLS. Tujuannya agar kulit sensitif bayi nantinya tidak alergi jika bersentuhan dengan kain pada stroller tersebut.

Dengan selalu menjaga dan melakukan perawatan secara benar pada stroller maka bayi bisa terhindar dari gangguan yang tidak diinginkan. Selain itu juga akan membuat peralatan bayi menjadi lebih awet.

Pin It on Pinterest

Share This